Selasa, 19 Oktober 2010

RPP

  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
  • (RPP)
  • Identitas
  • Nama Sekolah                 : MAN 1 Watampone
  • Mata Pelajaran                : Keterampilan Pengelasan
  • Kelas/Semester               : XII/1
  • Pertemuan ke                  : ......
  • Standar Kompetensi    : Arus Listrik
  • Kompetensi Dasar        : Mengetahui jenis-jenis arus listrik yang ada
  • Indikaror                         : 1. Menjelaskan jenis-jenis arus
  •                                                 2. Menentukan jenis arus
  •                                                3. Menyebutkan jenis-jenis polaritas
  •                                                4. Mendeskripsikan jenis-jenis polaritas
  •                                                 5. Mengetahui penggunaan tegangan yang          diperlukan oleh mesin las
  •                                                6. Menyebutkan keuntungan masing-masing penggunaan arus
  • Alokasi Waktu                 : 2 X 45 menit
  • Proses pendidikan formal memiliki keterbatasan waktu, sehingga waktu menjadi unsur yang menentukan berapa lama suatu mata pelajaran harus di-pelajari. Hal ini berimplikasi terhadap penentuan seberapa luas dan seberapa dalam suatu materi pelajaran harus diberikan sesuai dengan alokasi waktu yang ada.
  • Sebagaimana yang tertera dalam lampiran Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi, ditetapkan lamanya waktu untuk mempelajari setiap mata pelajaran pada setiap satuan pendidikan seperti tertera dalam tabel  di bawah ini.
  •  
  • Satuan Pendidikan    Kelas    Satu jam pembelajaran tatap muka (menit)    Jumlah jam pembelajaran per minggu    Minggu efektif
  • per tahun ajaran
  •        
  • SMA/MA/SMALB    X – XII    45    38-39    34-38    
  • Tujuan Pembelajaran
  • Setelah mempelajari materi ini siswa diharapkan dapat :
  • Mengetahui jenis-jenis arus yang ada dalam pengelasan
  • Mengetahui jenis polaritas
  • Mengetahui sumber tegangan terhadap penggunaan pengelasan
  • Memahami kaitan arus listrik dalam menentukan polaritas
  • Memahami keuntungan masing-masing jenis arus yang terjadi dalam pengelasan
  • Materi pembelajaran
  • Jenis-jenis arus listrik
  • Polaritas pengelasan
  • Dalam pengelasan dengan mempergunakan busur nyala listrik sebagai sumber panas, arus listrik yang dipergunakan dapat berupa arus bolak-balik (AC), dan arus searah (DC). Dalam hal arus bolak-balik tidak terdapat masalah mengenai polaritas, namun hal pemakaian arus searah maka polaritas harus benar-benar diperhatikan sebelum memulai pengelasan sebab pemakaian yang berlawanan akan mengakibatkan buruknya hasil pengelasan.
  • Tedapat dua jenis polaritas : Polaritas lurus (Straight Polarity)/DCSP, yakni tangkai las dihubungkan dengan kutub negatif sebesar 1/3 panas yang dialirkan ke elektroda, kelam las dihubungkan dengan kutub positif sebesar 2/3 panas dialirkan ke benda kerja. Kedua Polaritas Terbalik (Reverse Polarity)/DCRP, yakni Tangkai las dihubungkan dengan kutub positif sebesar 2/3 panas yang dialirkan ke elektroda. Kelam las dihubungkan dengan kutub negatif sebesar 1/3 panas dialirkan ke benda kerja.
  • Metode Pembelajaran
  • Ceramah
  • Demonstrasi
  • Tugas
  • Metode ceramah yang dimaksud disini adalah ceramah dengan kombinasi metode yang bervariasi. Mengapa disebut demikian, sebab ceramah dilakukan dengan ditujukan sebagai pemicu terjadinya kegiatan Partisipatif (curah pendapat, pleno, penugasan, studi kasus, dll).
  • Demonstrasi adalah metode yang digunakan untuk membelajarkan peserta dengan cara menceritakan dan memperagakan suatu langkah-langkah pengerjaan sesuatu.
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Kegiatan awal
  • Apersepsi mengenai aus listrik dan polaritas
  • Kegiatan Inti
  • Menjelaskan tentang jenis-jenis arus
  • Memberikan informasi tentang penggunaan arus
  • Mendemostrasikan cara menentukan polaritas
  • Kegiatan akhir
  • Melakukan tanya jawab mengenai arus dan polaritas
  • Memberikan penilaian
  • Alat, Bahan dan Sumber Belajar
  • Bagan atau Flow Chart                OHP Gambar Proyektor
  • Buku manual                    Buku Bahan Ajar        
  • Prototipe Komponen                Sumber lain
  • Sri Widharto, Petunjuk Kerja Las 2008, Pradnya Paramita, Jakarta. Cetakan 7
  • Penilaian
  • Penghitungan nilai akhir dalam skala 0—100 adalah sebagai berikut.
  •  
  • No.    Aspek    Persentase (%)       
  • 1    Tugas Harian    10       
  • 2    Ujian Tengah Semester    30       
  • 3    Ujian Akhir Semester    40       
  • 4    Presensi    20       
  • JUMLAH    100       
  •     Perolehan Skor                   
  • Nilai akhir =    ------------------------    X    Skor Ideal (100)    =   .  .  .       
  •     Skor Maksimum (100)                
  • Mengetahui                            .........................,,.............2010
  • Kepala Madrasah                        Pengampuh Mata Pelajaran
  •     
  • Drs. Nawawi Rasyid                    Syamsu Rijal, S.Pd
  • NIP. 195303111981031002       NIP.  .....................

Tidak ada komentar: